Tuesday, June 21, 2005

Orang Kaya dan Anak Kecil

Suatu hari ada orang kaya masuk masjid untuk melaksanakan shalat, dia termasuk orang yang shaleh, lalu dia melihat seorang anak kecil yang berumur tidak lebih dari dua belas tahun sedang berdiri mengerjakan shalat dengan khusyuk, melakukakan rukuk dan sujud dengan hening dan tenang.

Tatkala anak itu selesai dari shalatnya, mendekatlah si kaya dan terjadilah dialog.
Si kaya : "Anak siapakah kamu?"
Si Anak : "Aku anak yatim, aku kehilangan ayah dan ibuku."
Si Kaya : "Maukah kamu menjadi anakku?"
Si Anak : "Apakah engkau akan memberiku makanan ketika aku lapar?
Si Kaya : "Ya, tentu."
Si Anak : "Apakah engkau memberi minum kepadaku saat aku haus?"
Si Kaya : "Ya, tentu saja."
Si Anak : "Apakah engkau akan memberiku pakaian ketika aku telanjang?"
Si Kaya : "Ya."
Si Anak : "Apakah engkau akan menghidupkan aku tatkala aku sudah mati?"

Takjublah lelaki kaya itu seraya berkata, "Ini tidak mungkin dilakukan!"

Anak kecil itu berkata, "Kalau begitu, tinggalkanlah aku bersama Dzat Yang telah menciptakan aku, memberiku rezeki, mematikan aku kemudian menghidupkan kembali."

Lelaki kaya itu berkata kepada si anak, "Benar wahai anakku! Barang siapa yang bertawakal kepada Allah pasti Dia mencukupinya."

(65 Kisah Teladan pemuda Islam yang Brilian - Muhammad Sulthan - Pustaka)

No comments:

Post a Comment